WAJIK KLETIK BUNGKUS “KLOBOT”, JAJANAN TRADISIONAL KHAS BLITAR

WAJIK KLETIK BUNGKUS “KLOBOT”, JAJANAN TRADISIONAL KHAS BLITAR

Bicara tentang jajanan Blitar, nama wajik kletik pasti sudah tidak asing lagi. Wajik kletik adalah salah satu jajanan tradisional dari Blitar yang mempunyai rasa dan bentuk yang khas.

Berikut ini adalah 7 fakta unik dari Wajik Kletik, versi redaksi blitarmall.com

1. Asal usul nama wajik kletik

Nama wajik kletik sendiri sebenarnya diambil dari bunyi “kletik – kletik” dari butiran beras ketan ketika kita memakannya .

2. Bahan dasar wajik kletik

Wajik kletik terbuat dari beras ketan dan kelapa muda yang dimasak dengan gula sehingga menjadi keras. Untuk menambah aroma ditambahkan jahe, vanilla, dan daun pandan dan bahan – bahan lainnya

3. Kemasan wajik kletik terbuat dari klobot

Wajik Kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan klobot, yaitu kulit jagung kering. Kulit jagung disetrika supaya terbebas dari bakteri sehingga Wajik menjadi lebih tahan lama.

4. Cita rasa wajik kletik

Wajik Kletik memiliki cita rasa yang manis. Jajanan wajik kletik ini memiliki tekstur seperti beras yang belum matang tetapi apabila dimakan akan terasa lunak dan mudah digigit.

5. Varian Wajik kletik

Selain varian original dari wajik kletik, di beberapa tempat juga terdapat beberapa varian lain, seperti kacang hijau dan nanas.

6. Produsen Wajik Kletik di Blitar

Usaha Wajik Kletik menjadi salah satu usaha jajanan atau oleh-oleh khas Blitar. Ada beberapa sentra produsen wajik kletik yang ada di Blitar, seperti di daerah istana Gebang Blitar dan sentra ukm di Rejowinangun, Kademangan, Blitar.

7. Jajanan favorit turis mancanegara yang datang ke Blitar

Banyak sekali turis yang menyukai jajanan wajik kletik. Rasanya yang khas dengan kemasan yang unik menjadi alasan mereka suka dengan jajanan asli Blitar ini.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *