JIPANG KETAN, JAJANAN MANIS YANG TETAP EKSIS

JIPANG KETAN, JAJANAN MANIS YANG TETAP EKSIS

Banyak sekali jajanan olahan ketan yang selalu menjadi favorit dan mempunyai penggemar setia. Salah satunya adalah “jipang ketan” asli Blitar yang diproduksi oleh UD. Sinar Abadi, yang terletak di Ds. Jeblog, Talun, Kabupaten Blitar. Jajanan manis berbahan dasar ketan dan gula ini mempunyai rasa yang khas dan bentuk yang unik.

Aneka jipang ketan, jajanan khas Blitar

Menurut Endang Liana, pemilik usaha ini, produksi jipang ketan per bulan bisa mencapai 300kg. Pembuatan jajanan jipang ini masih menggunakan cara manual atau tradisional. Sebelum digoreng dann dicampur dengan gula dan bumbu, ketan direndam dulu dan dijemur di bawah panas matahari. Meskipun membuatnya bisa dibilang mudah, namun dalam proses produksinya membutuhkan ketekunan dan sangat tergantung dengan cuaca.

Jajanan jipang ketan asli Blitar ini sudah mulai diproduksi sejak tahun 2005. Karena rasanya yang khas, jajanan ini selalu menjadi salah satu yang banyak sekali dicari. Untuk pemasaran produknya pun saat ini tidak hanya di Blitar raya saja, namun sudah dipasarkan ke berbagai kota di Jawa Timur, bahkan sampai Kalimantan.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *